Gotong Royong dalam Komunitas Muslim sebagai Manifestasi Kepedulian Makhluk Sosial

gotongroyong1

Gotong Royong ‘nJlambrah’ lantai dalam Masjid, Ahad 24 Maret 2013

gotongroyong2

Gotong Royong ‘Aduk Semen’ untuk lantai Masjid, Ahad 24 Maret 2013

Alhamdulillaahi Robbil ‘Alaamiin, segala puji bagi Allah, Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang, yang telah melimpahkan kenikmatan yang tiada terhitung kepada kita semua, yang telah mengirimkan RosulNYA untuk menjadi tauladan bagi kita dalam menjalankan kehidupan sebagai hamba Allah SWT. Syukur kepada NYA juga dipanjatkan oleh masyarakat Jobohan Bokoharjo yang mampu mewujudkan cita-citanya membangun masjid Al Huda menjadi lebih representative. Kini pembangunan tersebut telah mencapai kisaran 85% dari keseluruhan proyek pembangunan  di tahun ini. Semua ketercapaian ini tidak terlepas dari kerjasama, kepedulian dan gotong royong yang telah terbina dalam komunitas muslim secara keseluruhan.

Gotong royong  yang menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online berarti bekerja bersama-sama, tolong- menolong, bantu-membantu, merupakan manifestasi konkret dari semangat kebersamaan antar-masyarakat dalam bantu-membantu dan tolong-menolong. Banyak tuntunan yang tersirat dan tersurat dalam Al Qur’an dan Hadits, yang mewajibkan muslim untuk bergotong royong, tolong-menolong, bersama-sama, dan peduli kepada umat lain, yang bahkan tidak seagama sekalipun. Gairah dan praktik gotong royong seharusnya terintegrasikan di dalam berbagai aspek kehidupan muslim. Oleh karena itu, banyak tuntunan yang mengkawah-condro-dimuka-kan umat Islam untuk bergotong royong, seperti: pembayaran zakat dan ajaran silatur rohim.

Berbahagialah kita sebagai bangsa Indonesia yang memiliki sifat dasar bergotong royong. Sifat dasar gotong royong ini tentu tidak terlepas dari pengaruh kesadaran individu-individu sebagai makhlukq social yang tidak bisa berdiri sendiri. Nenek moyang kita, seperti para wali, seperti para pahlawan dan pejuang yang telah menyepakati peran Allah dalam kemerdekaan kita sebagaimana tertuang dalam alenia ke-4 Pembukaan UUD ’45, yang pernah melontarkan gagasan untuk mencantumkan “…. dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam …. dst, yang notabene adalah nenek moyang kita yang juga umat Islam menyadari sepenuhnya pentingnya bergotong royong, dan bahkan mendoktrinkan semangat gotong royong ini.

Gotong Royong ini dapat memungkinkan terwujudnya suatu kemustahilan. Gotong royong dikaitkan dengan persatuan dan kepedulian. Suatu tanggung jawab berat yang mustahil dapat diselesaikan oleh seseorang akan dapat dengan mudah dirampungkan dengan cara bergotong royong dan kepedulian, termasuk di dalamnya pembangunan Masjid Al Huda di Jobohan ini. Masjid ini dibangun secara bergotong-royong, bersama-sama, dan penuh kepedulian oleh para waqif dan donatur. Banyak dari mereka yang tidak diketahui identitasnya oleh panitia. Tidak sedikit dari mereka yang tidak mengenal masyarakat Jobohan. Mungkin kebanyakan dari mereka bahkan tidak tahu apa dan di manakah Ds. Jobohan itu. Namun, semangat gotong royong, silaturrohim, peduli sesama umat telah menggerakkan hati mereka untuk berbagi bahagia dengan masyarakat Jobohan. Oleh karena itu, panitia menyampaikan Terima Kasih kepada para waqif dan donatur di manapun berada yang telah membantu penyelesaian pembangunan  Masjid AL Huda Jobohan. Semoga Allah SWT menerima amal Bapak/Ibu/Sdr dan memberikan balasan yang berlipat-ganda sesuai dengan janji Allah SWT. Aamiin.

Tentang Jaslin Ikhsan

seseorang yang berupaya berbuat utk berkontribusi di bidang pendidikan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia, bekerja sebagai pendidik di Universitas Negeri Yogyakarta
Pos ini dipublikasikan di Pembangunan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s