SEJARAH MASJID AL HUDA JOBOHAN

Masjid Al Huda, terletak persis di tengah – tengah Dusun Jobohan, Kelurahan Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, Masjid ini merupakan Wakaf tanah dari Almarhum Bapak Sastro Sarjono pada tahun 1983 dengan luas tanah kurang lebih 100 m2 .

Di saat itu kondisi masyarakat masih perlu dibina, karena masih banyak warga yang masih menjalankan tradisi yang bertentangan dengan ajaran Islam, sehingga beberapa tokoh masyarakat berkumpul untuk membuat pusat kajian agama Islam yang bisa memberikan petunjuk bagi masyarakat Jobohan, sehingga terjauhkan dari perilaku dan tradisi yang masih menyimpang. Atas dasar itulah masjid tersebut diberi nama Al-huda, yang artinya Petunjuk.

Masjid Al Huda Dibangun tahun 1984 atas swadaya masyarakat dengan luas masjid kurang lebih 80 m2 , dengan jumlah penduduk pada tahun tersebut sekitar 420 orang. Pada

Tahun 1996 Masjid Al huda mengalami renovasi pertama kali, meliputi perluasan di sisa tanah yang ada yaitu pembuatan serambi masjid yang dimanfaatkan untuk TPA dan jamaah perempuan

Akibat gempa Jogja yang dahsyat, di Tahun 2006 Masjid Al Huda mengalami renovasi kedua, renovasi tersebut tidak dapat dihindarkan, karena terjadi beberapa keretakan di bagian – bagian tembok Masjid. Oleh karena itu masjid perlu dibuat lebih nyaman, maka renovasi secara keseluruhan dilakukan , meliputi bangunan utama, perbaikan atap dan keramik serta tempat wudhu dan WC/ Kamar Mandi yang pada waktu sebelumnya dilakukan di rumah tetangga atau di depan masjid.

Hingga sekarang, dengan jumlah jamaah yang meningkat signifikan seiring dengan kesadaran beribadah oleh warga di Dusun Jobohan, maka perluasan Masjid Al Huda tidak dapat dihindarkan, dan Alhamdulillah pada tahun 2012, tepatnya di bulan Agustus 2012, tanah kosong di samping Masjid, di tawarkan atau dijual oleh pemiliknya kepada Masjid. Oleh Karena itu Pihak Takmir Masjid Al Huda melakukan rapat dengan warga dan tokoh-tokoh masyarakat untuk membentuk Panitia Pembebasan Tanah Masjid Al Huda Jobohan untuk membeli tanah di samping Masjid tersebut.

Pos ini dipublikasikan di Sejarah Masjid Al Huda dan tag , , . Tandai permalink.

4 Balasan ke SEJARAH MASJID AL HUDA JOBOHAN

  1. novan berkata:

    semoga lekas terkumpul dananya.

  2. Praptalegawa berkata:

    Niat lurus, kerja keras, doa khusuk … Insya Alloh kasil

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s